Saturday 8 January 2022

Prayers 9th January 2022, Epiphany 1, Doa 9 Januari 2022, Epifani 1, Dualar 9 Ocak 2022, Epifani 1,

Rise within us like the star 

And make us restless

Till we journey on

To seek our peace in you

 

Song “Light of the world”

https://youtu.be/_cLhaZIBSpo

 

Confession- a time of silence and reflection 

 

Jesus says "I am the Way", and so we come to follow Christ.

Jesus says "I am the Truth", and so we come to dwell in the light of 

that Truth.

Jesus says "I am the Light", and so we come, leaving all else 

behind, to which we cling. Amen.

 

Song “Like a candle flame” 

https://youtu.be/teZaQUKjx24

 

Mathew 2v1-12

 

There is a strong Christian tradition, that would see astrology as suspect. But here are astrologers from the East, traditionally thought to be Persian/Iranian visiting the baby Jewish Messiah because their stargazing has foretold a very significant birth. They embark on a long and dangerous journey to find the reason for this large star. These non Jews believed that the star depicted the birth of the King of the Jews, and they went to the palace to find the king-because kings live in palaces. But Herod was troubled by the arrival of the magi. He pretends that he is interested and encourages them on their way to Bethlehem, which means in Hebrew, House of Bread, to where the prophet Micah has foretold that the Messiah will come from.

 

And so they go to Bethlehem and give the infant Jesus gold, frankincense and myrrh and pay homage to him: Myrrh for a kings anointing, gold symbolizing costly worship and frankincense prayer. And they departed another way having been warned in a dream of impending trouble, if they went back to Herod. 

Sometimes we forget, that the arrival of Jesus, was not welcomed by everybody. Luke’s Gospel tells us that Herod was disturbed by the news and went into a rage then ordering the killing of every single male infant in Bethlehem. 

The Christmas story proclaims new birth, but here we find ourselves confronted with the pain of loss and the vengefulness of a ruler who uses his authority for evil purposes and the weeping and mourning of those whose children are no more. We feel the injustice of power abused, as the powerless are slaughtered by the powerful. 

But this is not the end of the story. With divine protection, Jesus and his parents escape the massacre. Herod later dies, and his evil power is buried with him. 

How was it that Jesus, this vulnerable baby born into the humblest of beginnings, could cause such disruption? How could someone seemingly so powerless threaten someone so powerful? We live in a world too where, all too often, our leaders project strength without integrity. Herod simply could not embrace the challenge posed to his rule by a baby born in a stable. Like so many refugees today, the decision of Joseph and Mary to flee was based on survival. Trusting in faith that the journey will be a safe one, they like the wise men, exchange their home, family, community and language, for the hope of safety, security and a life free of persecution. We pray for the 60 million people today on a similar dangerous journey. 

The importance of dreams and angels in the gospel stories of Jesus are striking. Do we take notice of our dreams? Without a vision, a dream, we become as dead people. Gods Spirit is at its most powerful when it inspires our imaginations and dreams and drives us to think and act in ways that can change us and those around us and our world.

 

What will drive us like the wise men to foolishly follow the God of Truth and Wisdom? It may involve a leaving behind and moving into dangerous territory and the giving of what is costly. But of such stuff are dreams made of and of such stuff is the journey we are on. Amen

 

Song “Every star shall sing a Carol” 

https://youtu.be/ReRNybGDSbM

 

When the star in the sky has gone

And the wise men have gone back to their homes

The real work of Christmas begins

To find the lost, heal the broken, feed the hungry and release the prisoner. Amen

 

Bangkitlah dalam diri kita seperti bintang

Dan membuat kita gelisah

Sampai kita melanjutkan perjalanan

Untuk mencari kedamaian kami di dalam kamu

 

Lagu "Cahaya dunia"

https://youtu.be/_cLhaZIBSpo

 

Pengakuan - saat hening dan refleksi

 

Yesus berkata "Akulah Jalan", dan kita datang untuk mengikuti Kristus.

Yesus berkata "Akulah Kebenaran", dan kita datang untuk berdiam dalam terang Kebenaran itu.

Yesus berkata "Akulah Terang", dan jadi kita datang, meninggalkan semua yang lain, yang kita berpegang teguh. Amin.

 

Lagu “Seperti nyala lilin”

https://youtu.be/teZaQUKjx24

 

Mathew 2v1-12

 

Ada tradisi Kristen yang kuat, yang akan melihat astrologi sebagai tersangka. Tapi di sini ada astrolog dari Timur, yang secara tradisional dianggap sebagai Persia/Iran mengunjungi bayi Mesias Yahudi karena pengamatan bintang mereka telah meramalkan kelahiran yang sangat penting. Mereka memulai perjalanan panjang dan berbahaya untuk menemukan alasan bintang besar ini. Orang-orang non-Yahudi ini percaya bahwa bintang itu menggambarkan kelahiran Raja orang Yahudi, dan mereka pergi ke istana untuk mencari raja karena raja tinggal di istana. Tetapi Herodes terganggu oleh kedatangan orang Majus. Dia berpura-pura bahwa dia tertarik dan mendorong mereka dalam perjalanan ke Betlehem, yang berarti dalam bahasa Ibrani, Rumah Roti, ke tempat yang telah dinubuatkan oleh nabi Mikha bahwa Mesias akan datang.

 

Maka mereka pergi ke Betlehem dan memberikan bayi Yesus emas, kemenyan dan mur dan memberi penghormatan kepadanya: Mur untuk urapan seorang raja, emas yang melambangkan ibadah yang mahal dan doa kemenyan. Dan mereka pergi melalui jalan lain yang telah diperingatkan dalam mimpi tentang masalah yang akan datang, jika mereka kembali ke Herodes.

 

Terkadang kita lupa, bahwa kedatangan Yesus tidak disambut baik oleh semua orang. Injil Lukas memberi tahu kita bahwa Herodes terganggu oleh berita itu dan menjadi marah kemudian memerintahkan pembunuhan setiap bayi laki-laki di Betlehem.

Kisah Natal menyatakan kelahiran baru, tetapi di sini kita menemukan diri kita dihadapkan dengan rasa sakit kehilangan dan dendam seorang penguasa yang menggunakan otoritasnya untuk tujuan jahat dan tangisan dan duka dari mereka yang anak-anaknya tidak ada lagi. Kami merasakan ketidakadilan kekuasaan disalahgunakan, seperti yang tak berdaya dibantai oleh yang kuat.

 

Tapi ini bukan akhir dari cerita. Dengan perlindungan ilahi, Yesus dan orang tuanya lolos dari pembantaian. Herodes kemudian mati, dan kekuatan jahatnya terkubur bersamanya.

Bagaimana Yesus, bayi rentan yang lahir dari awal yang paling sederhana ini, dapat menyebabkan gangguan seperti itu? Bagaimana mungkin seseorang yang tampaknya begitu tidak berdaya mengancam seseorang yang begitu kuat? Kita juga hidup di dunia di mana, terlalu sering, para pemimpin kita memproyeksikan kekuatan tanpa integritas. Herodes sama sekali tidak dapat menerima tantangan yang diberikan kepada pemerintahannya oleh seorang bayi yang lahir di kandang. Seperti banyak pengungsi saat ini, keputusan Yusuf dan Maria untuk melarikan diri didasarkan pada kelangsungan hidup. Percaya dalam iman bahwa perjalanan akan aman, mereka menyukai orang bijak, bertukar rumah, keluarga, komunitas dan bahasa, untuk harapan keselamatan, keamanan dan kehidupan yang bebas dari penganiayaan. Kami berdoa untuk 60 juta orang hari ini dalam perjalanan berbahaya yang serupa.

Pentingnya mimpi dan malaikat dalam kisah-kisah Injil Yesus sangat mencolok. Apakah kita memperhatikan mimpi kita? Tanpa visi, mimpi, kita menjadi seperti orang mati. Roh Tuhan adalah yang paling kuat ketika mengilhami imajinasi dan impian kita dan mendorong kita untuk berpikir dan bertindak dengan cara yang dapat mengubah kita dan orang-orang di sekitar kita dan dunia kita.

 

Apa yang akan mendorong kita seperti orang bijak untuk dengan bodohnya mengikuti Tuhan Kebenaran dan Kebijaksanaan? Ini mungkin melibatkan meninggalkan dan pindah ke wilayah berbahaya dan memberikan apa yang mahal. Tapi dari hal-hal seperti itu adalah mimpi yang dibuat dan dari hal-hal seperti itu adalah perjalanan yang kita jalani. Amin

 

Lagu "Setiap bintang akan menyanyikan lagu Carol"

https://youtu.be/ReRNybGDSbM

 

Ketika bintang di langit telah pergi

Dan orang bijak telah kembali ke rumah mereka

Pekerjaan Natal yang sebenarnya dimulai

Untuk menemukan yang hilang, menyembuhkan yang patah, memberi makan yang lapar, dan membebaskan tawanan. 

 

 

Yıldız gibi içimizde yüksel

Ve bizi huzursuz et

Biz yola çıkana kadar

Huzurumuzu sende aramak için

 

"Dünyanın Işığı" şarkısı

https://youtu.be/_cLhaZIBSpo

 

İtiraf - sessizlik ve yansıma zamanı

 

İsa "Yolu Ben'im" diyor ve biz de Mesih'i takip etmeye geldik.

İsa, "Ben Gerçeğim" der ve biz de bu Gerçeğin ışığında yaşamaya geldik.

İsa “Işığım” diyor ve biz de tutunduğumuz her şeyi geride bırakarak geliyoruz. Amin.

 

"Mum alevi gibi" şarkısı

https://youtu.be/teZaQUKjx24

 

Mathew 2v1-12

 

Astrolojiyi şüpheli gören güçlü bir Hıristiyan geleneği vardır. Ama burada Doğu'dan gelen astrologlar var, geleneksel olarak Fars/İranlı oldukları düşünülen bebek Yahudi Mesih'i ziyaret ediyorlar çünkü yıldızlara bakmaları çok önemli bir doğumu önceden haber veriyor. Bu büyük yıldızın nedenini bulmak için uzun ve tehlikeli bir yolculuğa çıkarlar. Bu Yahudi olmayanlar, yıldızın Yahudilerin Kralının doğumunu tasvir ettiğine inandılar ve kralı bulmak için saraya gittiler çünkü krallar saraylarda yaşar. Ancak Herod, büyücülerin gelişinden rahatsız oldu. İlgileniyormuş gibi yapar ve onları İbranice'de Ekmek Evi anlamına gelen Beytüllahim'e, peygamber Mika'nın Mesih'in geleceğini önceden bildirdiği yere giderken teşvik eder.

 

Ve böylece Beytlehem'e giderler ve bebeğe İsa'ya altın, günnük ve mür verirler ve ona saygılarını sunarlar: Kralların mesh etmesi için mür, pahalı tapınmayı ve buhur duasını simgeleyen altın. Ve Hirodes'e geri dönerlerse yaklaşmakta olan bir belanın rüyasında uyarılarak başka bir yoldan ayrıldılar.

 

Bazen İsa'nın gelişinin herkes tarafından hoş karşılanmadığını unutuyoruz. Luka İncili bize Hirodes'in haberlerden rahatsız olduğunu ve öfkeye kapılıp Beytüllahim'deki her erkek bebeğin öldürülmesini emrettiğini söyler.

 

Noel hikayesi yeni doğumu ilan eder, ancak burada kendimizi kaybetmenin acısı ve otoritesini kötü amaçlar için kullanan bir hükümdarın intikamı ve çocukları artık olmayanların ağlaması ve yası ile karşı karşıyayız. Güçsüzler güçlüler tarafından katledilirken, gücün adaletsizliğinin kötüye kullanıldığını hissediyoruz.

Ama bu hikayenin sonu değil. Tanrısal korumayla, İsa ve ailesi katliamdan kaçar. Hirodes daha sonra ölür ve kötü gücü onunla birlikte gömülür.

 

Başlangıçların en mütevazısında doğan bu savunmasız bebek olan İsa nasıl oldu da böyle bir aksamaya neden olabilir? Bu kadar güçsüz görünen biri nasıl bu kadar güçlü birini tehdit edebilir? Biz de liderlerimizin çoğu zaman bütünlük olmadan güç yansıttığı bir dünyada yaşıyoruz. Hirodes, ahırda doğan bir bebeğin kendi yönetimine getirdiği meydan okumayı kabul edemezdi. Bugün pek çok mülteci gibi, Yusuf ve Meryem'in kaçma kararı hayatta kalmaya dayanıyordu. Yolculuğun güvenli olacağına inanarak, bilge adamlardan hoşlanırlar, güvenlik, emniyet ve zulümden uzak bir yaşam umuduyla evlerini, ailelerini, topluluklarını ve dillerini değiştirirler. Benzer bir tehlikeli yolculukta bugün 60 milyon insan için dua ediyoruz.

 

İsa'nın müjde öykülerinde rüyaların ve meleklerin önemi dikkat çekicidir. Rüyalarımızı dikkate alıyor muyuz? Bir vizyon, bir rüya olmadan, ölü insanlar haline geliriz. Tanrıların Ruhu, hayal gücümüze ve hayallerimize ilham verdiğinde ve bizi, bizi, etrafımızdakileri ve dünyamızı değiştirebilecek şekilde düşünmeye ve hareket etmeye sevk ettiğinde en güçlü halindedir.

 

Bizi bilge adamlar gibi akılsızca Hakikat ve Bilgelik Tanrısı'nı izlemeye ne sevk edecek? Geride bırakmayı ve tehlikeli bölgeye taşınmayı ve maliyetli olanın verilmesini içerebilir. Ama bu tür şeylerden yapılmış rüyalar var ve bu tür şeylerden çıktığımız yolculuk. Amin

 

Şarkı “Her yıldız bir Carol söyleyecek”

https://youtu.be/ReRNybGDSbM

 

Gökyüzündeki yıldız gittiğinde

Ve bilge adamlar evlerine geri döndüler.

Noel'in asıl işi başlıyor

Kayıpları bulmak, kırıkları iyileştirmek, açları doyurmak ve tutsağı serbest bırakmak.

Winter

Winter

Total Pageviews